Pendaftaran Panwascam Majene Akan Menggunkaan Sistem Online

by -338 views

Quantumnews.id, Majene – Rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada 2020 akan mengunakan sistem Online. Keputusan itu sesuai surat Ketua Bawaslu RI nomor 0883 tertanggal 6 November 2019.

Hal ini juga telah di putuskan dalam Rakornas di Bali pada 10-12 November 2019 yang memutuskan bahwa proses tes tertulis rekrutmen pengawas tingkat Kecamatan akan menggunakan sistem online.

“Kami berharap prosesnya bisa lebih terbuka dan transparan, hasilnya nanti tidak ada rekayasa karena langsung kelihatan di sistem, sehingga para calon pengawas yang ikut tes memang harus mempersiapkan diri dari sekarang,” ujar Komisioner Bawaslu Kabupaten Majene Muhammad Dardi. Selasa (12/11/19).

Kata Dardi, hasil tes tertulis para peserta nanti akan diakumulasi dari hasil tes wawancara langsung. Sementara untuk soal ujian akan disusun di tingkat Bawaslu Provinsi kemudian diserahkan ke Bawaslu RI. Soal itu telah dirancang khusus Bawaslu RI dan sangat rahasia. Soal hanya dapat diakses setelah peserta membuka programnya.

“Jadi kami di Kabupaten tidak pernah tahu bagaimana bentuk dan apa soalnya, nanti menjelang hari H pelaksanaan baru soal tersebut diserahkan ke Kabupaten itupun tidak bisa diakses karena berada dalam sistem,” kata Dardi.

Sementara untuk pengumuman tentang proses pendaftaran akan dimulai Rabu 13 November 2019. Jadwal itu sesuai time line yang telah ditentukan oleh Bawaslu Ri,” terkait cara kerjanya akan dijelaskan saat test kepada peserta.Ya mungkin mirip miriplah dengan test CAT CPNS,” Dardi menjelaskan agar masyarakat mempersiapkan diri untuk mendaftar.

Dalam tes pendaftaran nanti, pesertanya tidak dipungut biaya. Ada tiga tahap yang akan dilalui para peserta. Diantaranya tahap penelitian administrasi, tes tertulis dan wawancara. Nilainya akan diakumulasi diakhir kemudian diputuskan siapa yang akan lolos.

Bawaslu juga akan menerima tanggapan dan  masukan dari Masyarakat terkait rekam jejak para calon yang lolos mendaftar melalui pengumuman di ruang publik.” Kami juga meminta rekan Media untuk ikut mensosialisasikan dan ikut mengawasi proses rekrutmen ini,” tambah Dardi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *