Wakil Bupati Mamuju Ajak Penggiat Seni Lestarian Seni dan Budaya Daerah

by -1,006 views

Mamuju (Quantumnews) -Wakil bupati mamuju H.Irwan Pababari, yang membuka acara sarasehan pelaku dan penggiat seni yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mamuju pada Rabu (28/02/2018) di Hotel Maleo. Berharap agar forum yang diikuti oleh sejumlah penggiat seni dan budayawan sekabupaten Mamuju tersebut dapat menghasilkan rekomendasi yang bisa dicetuskan untuk dipertimbangkan dalam melestarikan seni dan budaya daerah.

Ditambahkan keprihatinannya terhadap eksistensi budaya lokal yang mulai tergeser dengan budaya asing, hal itu dibuktikan dalam beberapa tarian seni budaya yang mengkolaborasikan dengan budaya lain. Yang seharusnya sebagai pelaku seni dan budaya menampilkan tarian budaya, bahasa, musik beserta maknanya.

Menanggapi hal itu Ka.Dinas pariwisata dalam kesempatan tersebut, juga menyampaikan beberapa hal yang terkait dengan pertanyaan dan rekomendasi yang disampaikan oleh para penggiat seni dan budayawan, Bapak Drs.H.Rasyid Kampil sebagai narasumber dan H.Syahbandar selaku pendiri tarian pattuqduq tommuane simboro yang sempat hadir. Agar kiranya dapat bekerjasama melestarikan budaya mamuju, dengan membentuk tim formatur untuk menentukan Dewan kesenian dan menerima hasil rekomendasi kegiatan terkait pelestarian budaya mamuju untuk dijadikan program Dinas Pariwisata dalam melestarikan budaya Mamuju.(SL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *