Bupati Mamuju Minta PORPROV Diundur, Ketua Koni Kabupaten Minta Tetap Dilaksanakan Tahun Ini

by -209 Views

Mamuju, Quantumnews.id .-Mengingat sudah semakin dekatnya Perhelatan olah raga tingkat provinsi, kesiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke IV Sulbar yang akan berlangsung di Kabupaten Mamuju terus dievaluasi.

Untuk memastikan kesiapan Mamuju sebagai tuan rumah Porprov, KONI Sulbar menggelar Rapat persiapan melalui Meeting Zoom yang dihadiri Ketua KONI Sulbar, Alibaal Masdar didampingi para Wakil ketua, H.Syahrir Hamdani, H. Muh. Hamzih, H. Naskah M. Nabhan, Wakil Bendahara Ruslan, dan beberapa korbid, Bupati Mamuju, Hj. Sitti Sutinah Suhardi, Ketua KONI kabupaten de Sulbar, Senin (14/11/2022) Malam.

Rapat ini berlangsung alot, karena Bupati Mamuju menyarankan penundaan Pelaksanaan Porprov IV ke tahun 2023, mengingat kondisi Progres pembangunan sarana pendukung juga yang belum rampung.

“Menyikapi kondisi pembenahan Stadion yang kontraknya berakhir pada tanggal 26 November, ditambah musim hujan di Mamuju bulan November dan Desember ini, kami berkeyakinan pelaksanan Porprov tidak bisa dilaksanakan tahun ini. Dan kalau bisa digeser ke tahun 2023 dan kita akan berusaha menambah anggaran pelaksanaan di APBD kami di tahun 2023,” ujar Sutinah.

Merespon usulan ini, para ketua KONI Kabupaten tetap berharap pelaksanaan Porprov IV tetap dilaksanakan bulan Desember tahun ini, meskipun bergeser dari jadwal sebelumnya dari tanggal 5 sampai 12 Desember. Alasannya karena sebagian besar telah melakukan persiapan untuk mengikuti Porprov tersebut.

“Kami tetap berharap Porprov ke IV dilaksanakan tahun ini karena persiapan atlit kami telah dilakukan secara maksimal melalui TC, dan kalau jika menyeberang ke tahun 2023 kami tidak punya persiapan anggaran, karena sudah tidak masuk dalam pembahasan,” jelas Ketua KONI Mamasa, Yusak.

Hal senada juga disampaikan Sekertaris KONI Mateng, Mahyuddin. Kata Mahyuddin untuk KONI Mateng anggaran keikutsertaan Porprov IV hanya ada pada tahun ini, karena jika tahun 2023 sudah tidak ada masuk pembahasan anggaran untuk dukung Porprov di RAPBD 2023.

“Persiapan atlit kami sudah maksimal untuk mengikuti Porprov IV Desember ini, dan jika ada wacana menggeser ke Tahun 2023, maka kami minta maaf kami tidak bisa, karena anggaran keikutsertaan Porprov hanya di tahun ini, di RAPBD 2023 sudah tidak masuk pembahasan,” jelas Mahyuddin.

Merespon tanggapan dari Pengurus KONI Kabupaten, panitia pelaksana Porprov, kembali mengusulkan pergeseran ke tanggal 28 Desember, namun jika tanggal 28 tidak cukup sepekan sudah masuk tahun baru 2023 dan juga terkait pelaporan administrasi keuangan yang tidak bisa menyeberang ke tahun 2023, dan juga pertimbangan untuk KONI Mamasa yang padat dengan kegiatan keagamaan dalam rangka peringatan natal dan tahun baru.

Akhirnya ketua KONI Sulbar, Ali Baal Masdar memutuskan pelaksanaan Porprov IV bergeser ke tanggal 17.

“Dari berbagai saran dan pertimbangan seperti yang kita dengar di rapat ini, maka kita putuskan Pelaksanaan Porprov akan dilaksanakan pada tanggal 17 sampai tanggal 23 Desember,” kata Ali Baal Masdar

Adapun pertimbangan diputuskannya waktu pelaksanaan Porprov IV di tanggal 17, sudah tepat dan tidak ada pihak dirugikan, dan jika terlalu mepet diakhir Desember dikhawatirkan akan berdampak ke Pertanggung jawaban keuangan yang terlambat.

“Saya kira keputusan ini sudah tepat dan semua pihak tidak ada yang dirugikan, dan sudah ada waktu untuk proses pelaporan administrasi keuangan. Jika terlalu mepet ke Desember kita khawatir akan berkonsekuensi hukum, dan untuk pembicaraan soal teknis seperti penganggaran kita akan bicarakan di rapat selanjutnya dengan panitia pelaksana,” jelas Wakil Ketua KONI Sulbar, Syahrir Hamdani.

Kemudian tentang kesiapan pelaksana teknis pertandingan atau Tim Delegate (TD), Ketua TD H. Muh. Hamzih menyatakan telah siap untuk mengsukseskan Porprov IV.

“Terkait keabsahan atlit, dewan hakim yang menjadi tanggung jawab TD kami telah siap dan semua perangkat siap kami turunkan untuk mensukseskan Porprov IV dan terkait hal teknis kita akan kembali rapatkan dengan panitia pelaksana nanti,” pungkas Kadispora Sulbar itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *