KPID Sulbar terus berupaya mendorong radio, semakin memperlihatkan eksistensinya

by -101 views

Mamuju (Quantumnews) – KPID Sulbar terus berupaya mendorong radio, semakin memperlihatkan eksistensinya sebagai salah-satu Lembaga Penyiaran (LP) yang kian diminati masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua KPID Sulbar, Ahmad Syafri Rasyid, saat kunjungan kerja ke Kantor Diskominfo Kabupaten Mateng, Senin, 20/06/22.

Menurutnya, sebagai regulator penyiaran KPID akan selalu hadir mengawal radio.

Tujuannya, agar dalam melakukan aktifitas penyiaran senantiasa mematuhi norma penyiaran yang berlaku.

“Jika ditemukan adanya Radio yang berhenti beroperasi padahal
sebelumnya eksis di udara dan diminati banyak kalangan, maka KPID dituntut pula untuk turun melakukan cross check di lapangan terkait kondisi radio tersebut,” ucap Ahmad Syafri Rasyid.

Atas dasar itu, kata Ahmad Syafri, pihaknya memberikan perhatian terhadap di Radio Mateng, yang dulunya aktif menyajikan informasi yang variatif namun tak lagi beroperasi, disebabkan adanya kendala data radio yang berbeda.

“Mungkin perlu dilakukan penyesuaian agar bisa kembali bersiaran. Hal ini, sebagai upaya menumbuhkan dan menggelorakan kembali industri penyiaran di daerah, yang sempat terpuruk karena adanya wabah Covid19,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID Sulbar, Nur Ali membeberkan, bahwa radio memiliki keistimewaan dibanding yang lainnya.

“Siaran radio, bisa didengarkan sambil melakukan rutinitas, berbiaya murah dan
jangkauannya bisa menembus pelosok desa di wilayah Mamuju Tengah. Ini yang belum tersentuh oleh berbagai platform media,” beber Nur Ali.

Sehingga, menurutnya, keberadaan siaran radio memiliki andil yang cukup besar dalam penyebaran berbagai informasi ke tengah-tengah masyarakat, salah-satunya
informasi pembangunan di Mamuju Tengah, bebernya.

Di tempat yang sama, Kadis Kominfo Mateng, Salman Ali, atensi KPID Sulbar terhadap LPPL Radio Mateng patut di apresiasi.

“Oleh karena itu, dalam Minggu ini saya akan ke Mamuju menindaklanjuti arahan KPID Sulbar dan semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama Radio Mateng bisa
aktif kembali, menyuguhkan beragam informasi dan hiburan kepada masyarakat,” tutur Salman Ali

Untuk diketahui, hadir mendampingi Wakil Ketua KPID Sulbar, Koordinator Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran, Firman Getaran dan Komisioner, Naluria
Islami.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *