Wakil Ketua DPRD Sulbar Adakan Hearing Terkait Pengelolaan Zakat

by -79 views

Mamuju (Quantumnews) – Di masa libur usai Idul Fitri 1442 H, Wakil Ketua DPRD Sulbar Usman Suhuriah, menggelar kegiatan hearing dialog di Pesantren Nuhiyah Pambusuang, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Minggu (16/5/2021).

Hearing dialog ini mengangkat tema “Mengelola Zakat Mensejahterakan Ummat”. Hadir sebagai nara sumber Ketua MUI Polewali Mandar Udst Sahid Rasyid, Anangguru Sayyid Fadhl Almahdaly (Bazda Polewali Mandar), annangguru Muhasib Kamaluddin (pemuka agama).

Dengan dipandu As’ad Sattari, kegiatan ini juga diihadiri pejabat pemerintah desa, imam masjid, dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Usman Suhuriah,peserta dialog umumnya melihat perlunya pemahaman mendalam tentang zakat, sosialisasi, pengaturan yang berkenaan dengan penyaluran kepada penerima (mustahik) zakat, hingga tanggungjawab pemerintah.

“Pemerintah bertanggungjawab untuk melakukan fasilitasi pengelolaan zakat, dan termasuk pentingnya peningkatan kapasitas kelembagaan pengelola zakat,” jelas Usman.

Usman mengemukakan, membandingkan dengan sejumlah daerah yang dinilai berhasil dalam mengelola zakat, akhirnya menjadi referensi penting untuk dicontoh oleh praktek baik yang telah dilakukan.

Salah satunya adalah daerah-daerah tersebut telah memiliki regulasi zakat bersifat operasional setingkat perda yang konsistensi diselenggarakan di lapangan serta mendapat dukungan kuat dari tampuk pemerintahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *