Tingkatkan Peran Serta Masyarakat, Panwaslu Tappalang Barat Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

by -517 views
Ketua Panwaslu Kecamatan Tappalang Barat Meji Amil saat memberikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu 2019. foto/istimewah

Mamuju (quantumnews) – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Tappalang Barat, Kabupaten Mamuju, menggelar sosialisasi Pengawasan Pemilu. di Hotel Tomborang, Mamuju. Sabtu (9/6/2018).

Ketua Panwaslu Kecamatan Tappalang Barat Meji Amil mengatakan, kegiatan itu merupakan rangkaian proses untuk mengsukseskan perhelatan pemilu, anggota DPD, DPR, DPRD provinsi dan Kabupaten serta Presiden dan wakil presiden tahun 2019.

“Memaksimalkan pesta demokrasi serta menyatukan presepsi untuk menghadapi pemilu 2019,” katanya.

Aggota Bawaslu Kabupaten Mamuju Muh Rusdin saat membuka sosialisasi pengawasan pemilu yang dilaksanakan Panwaslu Kecamatan Tapalang Barat di Hotel Tomborong. Mamuju.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Mamuju Muh Rusdin menuturkan, kegiatan sosialisasi itu, adalah cara membangun sinergitas antara masyarakat, pemerintah dan penyelenggara, untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam proses pengawasan pemilu.

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang memberi pemahaman kepada masyarakat tentang peran sertanya dalam proses pengawasan pemilu, karena tanpa peran masyarakat di pemilu 2019, yang cakupannya cukup luas, mengawasi cukup banyak calon, kalau hanya mengandalkan pengawas pemilu saja maka itu saya yakin tidak akan berjalan maksimal,” katanya saat membuka kegiatan itu.

Menurutnya, ketika masayarakat tidak berperan akti dalam proses pengawasan pemilu, bisa saja banyak ditemukan bentuk – bentuk pelanggaran.

“Belum 2019 saja, belum tahapan pencalonan saja, aroma – aroma, rasa – rasa persaingan antara partai politik sudah terasa, kami saja diserang kiri – kanan di media sosial hanya persoalan hal kecil, inilah yang kita ingin beri pemahaman bahwa sebenarnyapengawas pemilu itu punya peran dan fungsi yang bapak – ibu harus pahami, berbeda dengan peran dan fungsi teman – teman TNI, Polri,” simpulnya. (L-1).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *