Polman (Quantumnews) – Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) berbasis Badan Usaha Daerah diyakini dapat meningkatkan pendapatan petani sekaligus dapat meningkatkan hasil produksi petani.

Hal itu dijelaskan Calon Wakil Bupati Polewali Mandar (Polman) Marwan ST saat berdialog dengan sejumlah tokoh masyarakat di Desa Pussui Induk. Kecamatan Luyo. Polman. Rabu (31/1/2017).

“Semua hasil bumi akan dikelola oleh badan usaha daerah sehingga harga bisa dikontrol, tapi sebelumnya akan dikumpulkan di tingkat kecamatan,” kata Marwan.

Dijelaskan, Badan Usaha Daerah juga nantinya akan melakukan pendampingan kepada petani, mulai dari perawatan tanaman sampai penyediaan pupuk.

“Dengan begitu harga akan stabil, masyarakat juga akan terlibat didalam pengelolaan, sehingga lapangan pekerjaan makin terbuka,” ujarnya.

“Peran pemerintah yang akan melakukan penjualan langsung kepusat, sehingga harga yang didapatkan bisa lebih baik,” terangnya menambahkan.

Olehnya itu, Kata Marwan, dengan kekayaan alam Polman yang sangat melimpah dibutuhkan perubahan dan pemimpin yang punya inovasi.

“Tapi itu bisa dilakukan oleh pemimpin yang bukan biasa-biasa saja, harus pemimpin yang kreatif dan inovatif,” jelas Marwan.(LR)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *