Nilai Tukar Petani di Sulawesi Barat Menurun

by -1,060 views

Mamuju (Quantumnews) – Nilai tukar petani (NTP) yang ada di Provinsi Sulawesi Barat menurun sekitar 0,52 persen pada Desember 2017 berdasarkan hasil pemantauan produsen.

“Berdasarkan hasil pemantauan produsen berbagai komoditi barang dan jasa di daerah pedesaan Provinsi Sulbar, menunjukkan NTP mengalami penurunan 0,52 persen pada Desember 2017,” kata kepala Bidang Statistik dan Distribusi BPS Provinsi Sulbar, Markus Uda di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, penurunan NTP petani di Sulbar tersebut terjadi dibandingkan pada bulan November 2017 sebesar 110.96.

Menurut dia, menurunnya NTP petani karena perubahan indeks harga yang diterima petani sebesar 0,11 persen sedangkan indeks harga yang dibayar petani meningkat sebesar 0,77 persen.

“Kenaikan harga komoditi hasil pertanian dari bulan sebelumnya lebih lambat dibandingkan dengan kenaikan harga barang keperluan komsumsi dan produksi,” katanya.

Ia juga mengatakan, bila dibandingkan tahun sebelumnya atau pada Desember 2016 dua subsektor mengalami peningkatan yakni sub sektor holtikultura meningkat sebesar 0,96 persen dan subsektor perikanan meningkat sebesar 0,85 persen.

Sementara tiga subsektor lainnya mengalami penurunan seperti subsektor tanaman pangan turun menjadi 0,15 persen, tanaman perkebunan rakyat 1,76 persen dan sektor peternakan 0,15 persen.(ZL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *