HKN 2022, Antara Komitmen Mamuju Keren Dan Ekspektasi Peningkatan Layanan Kesehatan

by -110 Views

Mamuju, Quantumnews, Hari kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022, kembali diperingati dengan penuh suka cita ditingkat kabupaten mamuju.
Salah satunya melalui event pekan olahraga raga dalam memeriahkan HKN yang dipusatkan di kecamatan Tommo.

Membuka gelaran yang di ikuti oleh para tenaga kesehatan di semua kecamatan tersebut, Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi, kembali mengapresiasi para tenaga kesehatan, menurutnya para Nakes adalah ujung tombak pemerintah dalam menjawab espektasi masyarakat terhadap lahirnya layanan kesehatan terbaik, sehingga keberadaannya sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian.

Secara umum Sutinah menyebutkan, sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah kabupaten mamuju yang menjadikan visi Mamuju Keren sebagai tujuan pembangunan lima tahun, telah melakukan berbagai langkah konkret untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat, mulai dari Jaminan kesehatan Semesta (UHC) yang merupakan program kesehatan gratis melalui BPJS kesehatan yang telah dibiayai melalui APBD mamuju dan telah memberikan jaminan hampir tidak ada lagi masyarakat mamuju yang tidak tercover dalam kepesertaan BPJS kesehatan.

Demikian halnya dalam meningkatkan mobilisasi layanan kesehatan terus mendapat perhatian serius, bahkan tahun ini pemkab mamuju kembali akan mendistribusikan 13 mobil ambulance untuk membantu masyarakat yang mengalami kondisi darurat. Kata bupati, dari 13 ambulance tersebut 3 diantaranya adalah bantuan dari perbankan dalam hal ini bank BRI dan BNI, selebihnya 10 ambulance di biayai melalui APBD mamuju.

Dan tidak kalah mendapat perhatian adalah upaya pemkab mamuju dalam mendorong peningkatan sumberdaya internal tenaga kesehatan, yang ditunjukkan melalui rekrutmen PPPK tenaga kesehatan yang tahun ini akan mengakomodasi 250 nakes terutama bidan dan perawat untuk penugasan di wilayah terpencil.
Salah seorang tenaga kesehatan dari puskesmas campaloga kecamatan Tommo, Widia, menyampaikan rasa salut dan mendukung atas komitmen bupati mamuju yang dinilai telah sangat konsen terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

ini tentu menjadi “booster” buat kami tenaga kesehatan, sehingga kami lebih semangat lagi bekerja, semoga kedepan rekrutmen PPPK bidang kesehatan tiap tahun bisa terbuka supaya semua kontrak yang ada di mamuju bisa jadi ASN (P3K) jadi Semua layanan kesehatan sampai kepelosok bisa terisi tenaga ASN kesehatan, sehingga tenaga kesehatan bisa lebih sejahtera, dan masyarakat mamuju bisa jadi lebih sehat, tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *