Arsal Aras Turut Hadir Di Acara Musrembang Kecamatan Pangale

by -688 views

Mamuju Tengah (Quantumnews) – Bupati Mamuju Tengah H. Aras Tammauni membuka secara resmi kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Pangale dan Penyusunan RKPD Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) Tahun 2020, dengan tema “Pemantapan Kesejahteraan Masyarakat dan Penguatan Ketahanan Budaya Daerah”, bertempat di Gedung Serba Guna Desa Lamba-lamba, Senin, 5 Maret 2019.

Turut hadir Wakil Bupati Mateng, Ketua DPRD Mateng, Sekkab Mateng, Ketua KONI, para Asisten Setda Mateng, Para Staf Ahli Bupati Mateng, para kepala OPD Lingkup Pemkab Mateng, Kapolsubsektor Pangale, Camat Pangale, para kepala desa se-Kecamatan Pangale, dan tokoh Masyarakat.

Bupati Mateng H. Aras Tammauni menyampaikan harapan besar bagi kita semua untuk bisa mengawal pembangunan Mateng ke depan. Pemerintah harus bisa hadir di tengah-tengah masyarakat, dan kehadiran tersebut bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat melalui pembangunan untuk peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, peningkatan kesempatan kerja, pertambahan lapangan usaha, peningkatan akses dan kualitas pelayanan publik serta daya saing daerah sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan kita.

Usulan kegiatan itu juga harus dipastikan bukan menjadi kewenangan desa atau kegiatan yang telah menjadi rencana yang termuat di dalam APBDes, sehingga tidak terjadi tumpang tindih kegiatan. Adanya penambahan sebesar 10 persen dari APBD untuk Dana Desa diharapkan mampu dikelola oleh pemerintah desa dengan penuh tanggung jawab dan benar-benar berdasarkan prioritas kebutuhan masyarakat yang ada di desa dengan memperhatikan sinkronisasi dengan kebijakan dan arah pembangunan kabupaten.

Program yang baik diusulkan masyarakat melalui Musrenbang ini maupun yang menjadi program kegiatan strategis masing-masing perangkat daerah harus menunjukkan konsistensi dan sinkronisasi dengan dokumen perencanaan di tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.(SL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *