Mamuju Tengah (Quantumnews) – Bertempat di Aula Kantor Bupati Mamuju Tengah (Mateng), Bupati Mateng, H. Aras Tammauni kukuhkan pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tingkat Desa se Kabupaten Mamuju Tengah, Senin (15/4/2019).

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengapresiasi hasil kerja Baznas Kabupaten Mateng selama ini. Namun pihaknya meminta perhatian seluruh jajaran Baznas, selain memperhatikan pelayanan kepada muzakki sesuai standar manejemen mutu ISO 9001 : 2000, Baznas juga harus memperbaiki mekanisme pendistribusian zakat kepada muztahik.

“Terutama fakir, miskin, muallaf, gharimin dan sebagainya. Karena kekuatan dan ruh lembaga pengelola zakat terletak pada kesungguhan dalam melayani, melindungi dan menyelamatkan kaum fakir dan miskin,” ujar H. Aras dalam sambutanya.

Untuk itu kata Bupati, lensa pandang organisasi pengelola zakat dalam pengembangan program pendayagunaan zakat haruslah selalu memperhatikan secara objektif kebutuhan hidup mustahik yang perlu dibantu dan diberdayakan.

Sementara Ketua Baznas Mateng, Hamsah menyampaikan bahwa pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), terkhusus unsur pimpinan dan staf Baznas Mateng.

“Dan Alhamdulillah atas jerih upaya kami dalam peningkatan mutu SDM Baznas ini, kami telah melakukan sosialisasi kurang lebih 2 bulan keseluruh desa yang ada di Kabupaten Mateng, kami telah berhasil membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ), ditingkat Desa se Kabupaten Mateng dan pada hari ini dikukuhkan oleh Bupati Mamuju Tengah,” terang Hamsah.

Hamsah katakan, keberadaan Baznas di Kabupaten Mateng ini perlu didukung oleh beberapa faktor, yang pertama adalah regulator. Alhamdulillah pihaknya bersyukur karena telah didukung oleh undang-undang nomor 23 tahun 2011, ditambah lagi peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2017 dan instruksi presiden.

“Ini yang menjadi faktor utama kami dalam melaksanakan baik sosialisasi maupun dilapangan melakukan perencanaan, pengumpulan, pencatatan dan pendayagunaan zakat itu sendiri,” urainya.

Lanjutnya, Baznas perlu didukung oleh motivator. Dirinya sangat bersyukur di awal pelantikan kami ketua DPRD Matenglah yang paling pertama mensuppor Baznas ini, inilah yag membuat dirinya termotivasi semangat untuk melangkah, karna dukungan sepenuhnya baik dari Bupati maupun DPRD, In Sha Allah, 2019 Baznas menargetkan akan melayani 1.420 musakkir di daerah ini, dan membantu pemerintah dalam menangani persoalan sosial dan kemiskinan.

“Baznas perlu didukung oleh Fasilitator, inilah menjadi salah satu kendala kami tapi ini tidak akan membuat kami ciut didalam melaksanakan tugas, mengapa ? Kantor kami sudah ada dan kendaraan yang kmi pake walaupun hanya ada 2 kendaraan motor tapi kami telah mampu memasuki dan membentuk UPZ di seluruh desa yang ada di Kabupaten Mateng,” ungkapnya.

“Kedepan Insya Allah Baznas akan menjadi Baznas amanah yang profesional dan transparan dalam melakukan kegiatannya menuju Mamuju Tengah bumi lalla’ tasisara’ yang lebih sejahtera dan amanah,” pungkasnya

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *