Mamuju Tengah (Quantumnews) – Musyawarah ini harus betul-betul berjalan dengan baik sehingga dengan demikian pembangunan di Desa itu kelihatan. Jangan lagi mau dekker-dekker mintanya ke Kabupaten. Okelah jalan kebun, jalan tani, jalan lorong-lorong kita serahkan ke Desa, tapi jalan penghubung Desa – Kecamatan ini menjadi prioritas kabupaten. urai Ketua DPRD Mateng H. Arsal Aras saat menyampaikan sambutan dalam Musrenbang Kecamatan pada 5 Maret 2019.

Arsal tambahkan, misalnya di Desa Babana yang dianggarkan berkisar Rp1,8 miliar, jika Rp1,8 miliar dikurangi 30 persen untuk belanja operasional kepala Desa dan perangkat Desa, PKK dan lain-lain di dalamnya. Masih ada Rp1 miliar lebih. Rp1 miliar inilah yang harus dirumuskan di Desa di semua pemangku kebijakan yang ada di Desa.

“Kita mau dorong ke BUMDes berapa, dikasi bantuan cappu kale mako (habis saja tidak ditau kemana arahnya),” kata Arsal Aras.

Menurutnya, Musyawarah ini harus betul-betul berjalan dengan baik sehingga dengan demikian pembangunan di Desa itu kelihatan. Jangan lagi mau dekker-dekker mintanya ke Kabupaten. Okelah jalan kebun, jalan tani, jalan lorong-lorong kita serahkan ke Desa, tapi jalan penghubung Desa – Kecamatan ini menjadi prioritas kabupaten.

“Karena itu Pemerintah masih sering-sering masuk ke Kabupaten. Saya mencontohkan, biaya operasional belanja pegawai dan kita-kita semua itu kurang lebih 38 sampai 40 persen, pendidikan 20 persen, kesehatan 10 persen, Desa 10 persen, sisanya itulah yang kita pakai untuk pembagunan infrastruktur dan lain-lain,” ujar Arsal.

Jadi, sebut Arsal, wajah kota hanya mampu membangun kantor bupati saja, selebihnya hampir semua sewa kantor. Jadi pemerintah ini belum masuk bagaimana menata kota, tetapi kita lebih masuk ke infrastruktur jalan yang menjadi poin penting untuk diperbaiki.

“Karena itu sejak Mateng berdiri sendiri bisa kita katakan 90 persen jalan itu rusak, tetapi pemerintah sudah mulai sedikit demi sedikit berbenah,” terang Arsal.

Pemerintahan kita, tambah Arsal, kurang lebih 3 tahun lebih sudah begitu banyak kemajuan yang kita lihat, tetapi masih banyak juga yang belum. Sehingga dengan demikian saya mengajak kita semua untuk terus mensupportpemerintahan kita sehingga pemerintahan ini dapat berjalan dengan baik di semua sector.

“Pendidikan itu jauh lebih penting karena kenapa, sadar atau tidak, negara-negara maju sukses karena pendidikannya bagus. Kita ingin di Kabupaten Mateng ini, walaupun kita daerah baru tapi kita tidak tertinggal terkait dengan pendidikan,” tutup H. Arsal Aras.(SL)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *